WISUDA SARJANA KE-84 2022 UTP Surakarta

WISUDA SARJANA KE-84 2022
UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA (UTP) 




Cetak Lulusan Berkarakter Patriotisme, dan Mandiri


SOLO – Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Surakarta menggelar upacara wisuda secara luring untuk kali pertama sejak pandemi Covid-19 melanda. Upacara wisuda berlangsung di GOR UTP Surakarta yang berada di Plesungan, Karanganyar, Sabtu, (26/3).
Ada 191 mahasiswa. Terdiri dari 19 wisudawan dari Fakultas Teknik, 17 wisudawan Fakultas Pertanian, 17 wisudawan Fakultas Ekonomi & Bisnis, dan 138 wisudawan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Hingga 2022 ini UTP Surakarta telah meluluskan 16.614 wisudawan.

Rektor UTP Surakarta Tresna Priyana menuturkan, upacara yang merupakan momentum sacral dan paling ditunggu oleh mahasiswa. Upacara wisuda yang digelar secara luring menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mahasiswa. Meski digelar secara luring di tengah pandemi, protokol kesehatan tetap diterapkan secara ketat.

”Wisuda sebelumnya kami menggunakan model drive thru. Tetapi, melihat kondisi pandemi yang mulai melandai di Solo kami beranikan untuk menggelar secara luring, tentu dengan prokes yang ketat. Karena mau tidak mau saat ini masyarakat harus beradaptasi dengan kehidupan new normal,” ujarnya.

UTP Surakarta juga akan memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang mendapatkan predikat terbaik dan cumlaude (sangat memuaskan).  Ada 20 orang mahasiswa yang terbagi menjadi 10 mahasiswa yang mendapatkan predikat terbaik dan 10 mahasiswa mendapatkan predikat cumlaude. Sebagai kampus yang didirikan oleh para pahlawan, UTP membekali para siswa dengan nilai-nilai patriotisme, kepeloporan, dan kemandirian yang kuat.

“Ambil contoh konkret, saat mahasiswa UTP mengikuti lomba, maka mereka akan membawa nilai patriotism. Mereka harus jadi juara. Menjadi juara itu tentu harus, jujur, adil, dan mandiri. Itu yang kami ingin tonjolkan dari lulusan UTP, yaitu jiwa patriotisme, kepeloporan dan kemandirian,” jelasnya.

Semboyan UTP Juara terus ditanamkan pada diri mahasiswa. Tresna Priyana berharap, karakter mahasiswa tetap diutamakan. Maka calon-calon pemimpin bangsa benar-benar memiliki karakter pemimpin yang unggul. Pemimpin yang berkarakter unggul tersebut banyak lahir dari para lulusan UTP Surakarta.

“Kami benar-benar mendorong lulusan UTP ini adalah sarjana-sarjana yang berkarakter. Sudah banyak alumni yang menjadi orang-orang penting di berbagai bidang dan penjuru di Indonesia. Insya Allah ada calon-calon pemimpin generasi emas Indonesia yang lahir dari UTP,” tandasnya.



Keren! Kuliah Sambil Jual Kebab, Mahasiswa UTP Surakarta Lulus Cumlaude



Meski sibuk berjualan seusaai kuliah, Lutfi tetap meluangkan waktu untuk berorganisasi dengan mengikuti UKM. Hal-hal tersebut kadang terbentur dengan pekerjaan atau usaha yang dijalaninya. Agar bisa belajar, Lutfi pun menyempatkan membawa buku dan belajar di sela berjualan. Lutfi yang telah meraih gelar sarjana namun ia tetap ingin berwirausaha. Ia bercita cita menciptakan peluang usaha untuk generasi-generasi muda. Lutfi juga ingin memotivasi ke teman-teman bahwa jangan takut untuk memulai.

Lutfi juga berpesan dan memberikan semangat kepada adik-adik tingkatnya yang masih merasakan bangku kuliah jangan disia-siakan karena diluar sana banyak yang ingin kuliah tapi tidak memiliki kesempatan karena memiliki kendala. 
Lutfi juga merasa sangat bersyukur mendapatkan banyak dukungan dari kampus UTP semasa berkuliah.


Sumber :

https://solo.suaramerdeka.com/pendidikan/pr-053038190/keren-kuliah-sambil-jual-kebab-mahasiswa-utp-surakarta-lulus-cumlaude?page=2






0 Komentar